Abstract:
Tujuan perancangan jembatan ini adalah mendesain struktur jembatan yang cocok dengan keadaan lokasi perancangan dan juga mampu mengatasi penurunan oprit. Perancangan jembatan Deck Slab juga untuk memperoleh efektifitas bentang pada sistem slab dan memberikan alternative dalam efektifitas pondasi galam dalam tinjauan bentang dan mengetahui alternatif pondasi lainnya.
Dalam perhitungan mekanika struktur digunakan dua metode yaitu perhitungan menggunakan software dan perhitungan manual. Sedangkan dalam perencanaan struktur bawah metodelogi dalam perencanaan abutmen menggunakan jenis beton bertulang dan pondasi galam yang dirancang agar memenuhi syarat aksial dan lateral.
Dari hasil perancangan efektifitas bentang jembatan dengan ketentuan tebal slab sebesar 0,35 meter, lebar 4 meter, fc’ 30 Mpa, fy’ 400 Mpa dengan tulangan D19-150 dapat disimpulkan bahwa efektivfitas Slab hanya sejauh 7 m. Untuk efektifitas pondasi dengan ketentuan diameter galam 0,1m dan panjang panjang galam 6 meter dengan jarak 0,30 meter dapat disimpulkan bahwa efektifitas galam hanya sampai bentang 7 m. Bisa dikembangkan lebih lanjut dengan bentang yang lebih panjang dan juga dikembangkan, menggunakan pondasi mini pile.
Kata Kunci: Jembatan, Deck Slab, Efektifitas