Repo Mhs ULM

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN DENGAN STATUS GIZI BALITA (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Banua Padang Rantau)

Show simple item record

dc.contributor.author Norhikmah
dc.date.accessioned 2022-03-23T07:55:55Z
dc.date.available 2022-03-23T07:55:55Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29178
dc.description.abstract Latar Belakang: Status gizi adalah hasil akhir keadaan tubuh dari keseimbangan antara zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Status gizi balita yang kurang dan buruk dapat diatasi dengan suatu program yang telah lama dikenal dalam bentuk intervensi yaitu pemberian makanan tambahan (PMT). Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi pada balita adalah pengetahuan ibu. Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pemberian makanan tambahan dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Banua Padang Rantau. Metode: Desain penelitian observasionaI anaIitik dengan desain pendekatan cross sectionaI. Sampel berjumlah 174 responden yang diambil secara stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan lembar observasi status gizi. Analisis data menggunakan uji fisher’s exact test. Hasil: Pengetahuan ibu tentang pemberian makanan tambahan baik sebesar 58,6%. Status gizi balita baik sebesar 93,1%. Terdapat hubungan pengetahuan ibu dengan status gizi balita di wiIayah kerjanPuskesmas Banua Padang (p=0,029 < 0,05). Diskusi: Semakin baik pengetahuan yang dimiliki ibu, maka semakin baik pula status gizi balita. Kata kunci: pengetahuan, pemberian makanan tambahan, status gizi
dc.title HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN DENGAN STATUS GIZI BALITA (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Banua Padang Rantau)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account