Repo Mhs ULM

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANJARBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraeni Asih Kurniawan
dc.date.accessioned 2022-03-23T08:15:24Z
dc.date.available 2022-03-23T08:15:24Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29340
dc.description.abstract Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar matematika pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Banjarbaru, sedangkan subjek yang akan peneliti teliti sebanyak 64 siswa dengan teknik purposive sampling yang memiliki kriteria siswa yang mengalami kesulitan belajar pada matematika dengan nilai dibawah 75. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa skala motivasi belajar dan skala kesulitan belajar matematika. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment didapatkan nilai r = -0,533; p < 0,05, artinya adanya hubungan negatif antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar matematika. Nilai negatif pada r menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka semakin rendah kesulitan belajar matematika, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar maka semakin tinggi kesulitan belajar matematika sehingga nilai matematika siswa tersebut rendah. Hasil analisis tersebut memberikan bukti bahwa hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar matematika dapat diterima. Kata kunci: Motivasi belajar, kesulitan belajar matematika, dan sekolah menengah kejuruan
dc.title HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANJARBARU


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account