Abstract:
Proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Banjarbaru sudah menggunakan pendekatan saintifik tetapi lebih sering menggunakan metode ceramah pada semua mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada materi konservasi air.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 72 orang siswa terdiri dari 1 kelas ekperimen dan 1 kelas kontrol masing masing berjumlah 36 siswa di SMA Negeri 3 Banjarbaru.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM pada materi konservasi air sangat berpengaruh untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Perhitungan rata-rata respon siswa diketahui sebesar 39,3 dengan persentase 78,7% atau termasuk pada kriteria tinggi.
Terdapat pengaruh yang signifikan cara berpikir siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM pada materi konservasi air. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dan hasil uji beda skor gain (peningkatan) kelompok eksperimen menunjukkan mean sebesar 0.41 dan kelompok kontrol sebesar 0.05 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian guru di SMA Negeri 3 Banjarbaru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran lain dengan materi yang berbeda.