dc.description.abstract |
Pendidikan di zaman sekarang ini menuntut peningkatan kualitas diberbagai aspek, diantaranya yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia dan fasilitas yang menunjang peningkatan mutu pendidikan. Realisasi dan tercapainya mutu pendidikan yang lebih baik dapat dilakukan di sekolah dan tidak lepas dari kinerja yang telah dicapai guru. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Hulu Sungai Selatan dikarenakan sesuai dengan domisili dan peneliti cukup mengetahui kondisi perkembangan pendidikan sehingga memudahkan dalam melakukan observasi dan penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) tentang lingkungan kerja, disiplin kerja, semangat kerja, dan kinerja guru di SMKN se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan; (2) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru; (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru; (4) pengaruh semangat kerja terhadap kinerja guru; (5) pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat kerja; (6) pengaruh disiplin kerja terhadap semangat kerja; (7) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui semangat kerja; (8) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru melalui semangat kerja.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru SMKN se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan jumlah guru 164 orang, dan ukuran sampel ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara online kepada sampel melalui sebuah link googleform. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Version 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Semangat Kerja, dan Kinerja guru-guru yang menjadi sampel penelitian ini mayoritas tergolong sedang dengan persentase sebesar 71,71% guru-guru sampel penelitian ini memiliki Lingkungan Kerja yang tergolong sedang, 66,67% memiliki Disiplin Kerja yang tergolong sedang, 66,67% memiliki Semangat Kerja yang tergolong sedang, dan 82,83% guru-guru sampel penelitian ini memiliki kinerja guru yang tergolong sedang.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan semangat kerja terhadap kinerja guru SMKN se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Disarankan bagi guru untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya terutama pada subvariabel penilaian pembelajaran dengan cara meningkatkan kinerja pada item merancang alat evaluasi dan penggunaan alat evaluasi yang ada pada variabel kinerja guru. |
|