Repo Mhs ULM

Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.

Show simple item record

dc.contributor.author Pamungkas Riningsih
dc.date.accessioned 2022-03-23T08:42:39Z
dc.date.available 2022-03-23T08:42:39Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29565
dc.description.abstract ABSTRAK Riningsih, Pamungkas, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Muhammad Saleh , M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Media, Kinerja, Prestasi Siswa Prestasi belajar penting sebagai indikator keberhasilan bagi seorang guru maupun siswa. Bagi guru, prestasi belajar siswa dapat dijadikan sebagai pedoman penilaian terhadap keberhasilan dalam kegiatan membelajarkan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah, pengembangan media pembelajaran dan kinerja guru terhadap prestasi siswa di SMP Negeri Kecamatan Alalak Barito Kuala. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 119 guru dari 5 sekolah dan diambil 92 responden sebagai sampel penelitian dengan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung kepemimpinan instruksional terhadap prestasi siswa sebesar 0,259, pengaruh langsung kepemimpinan instruksional terhadap kinerja guru sebesar 0,625, pengaruh langsung pengembangan media pembelajaran terhadap prestasi siswa sebesar 0,247, pengaruh langsung pengembangan media pembelajaran terhadap kinerja guru) sebesar 0,699, pengaruh langsung kinerja guru terhadap prestasi siswa sebesar 0,568, pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional melalui kinerja guru terhadap prestasi siswa sebesar 0,355 dan pengaruh tidak langsung pengembangan media pembelajaran melalui kinerja guru terhadap prestasi siswa sebesar 0,357. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung kepemimpinan instruksional, pengembangan media pembelajaran dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional dan pengembangan media pembelajaran melalui kinerja guru terhadap prestasi siswa di SMPN Kecamatan Alalak. Saran kepada kepala sekolah meningkatkan kualitas pengawasan terhadap kinerja guru dengan melakukan observasi langsung di kelas, melakukan pendekatan yang lebih personal untuk meningkatkan kinerja guru. Saran buat guru dapat memilih sumber belajar/ media pembelajaran dan guru perlu lebih memperhatikan prestasi siswa terutama pada ranah sikap dan keterampilan karena dalam penilaian prestasi belajar tidak terfokus hanya pada nilai pengetahuan tapi juga diringi dengan perbaikan sikap dan perilaku juga keterampilan yang dimiliki siswa. dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang prestasi siswa secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.
dc.title Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account