Repo Mhs ULM

LITERATURE REVIEW: PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH JASA PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Show simple item record

dc.contributor.author Zulfa Emelda
dc.date.accessioned 2022-03-23T09:23:36Z
dc.date.available 2022-03-23T09:23:36Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29850
dc.description.abstract Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang digunakan rumah sakit untuk memasarkan suatu produk dan pelayanan yang ada di rumah sakit kepada konsumen atau pasien. Semakin banyaknya rumah sakit yang ada di Indonesia menyebabkan terjadinya persaingan dalam memberikan pelayanan kesehatan, oleh karena itu keberhasilan suatu rumah sakit dapat ditentukan dari kemampuan manajemen pemasaran rumah sakit dalam memanfaatkan peluang yang dimilikinya. Pelayanan rawat inap merupakan salah satu pelayanan utama yang diberikan rumah sakit. Bauran pemasaran yang dilakukan rumah sakit memili peran untuk mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih pelayanan rawat inap yang ditawarkan oleh rumah sakit. Menurut Kotler dan Amstrong (2012) bauran pemasaran dalam jasa terdiri atas product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence (7P). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis artikel penelitian yang berkaitan dengan pengaruh antara product, price, place, promotion, people, process dan physical evidance terhadap keputusan memilih jasa pelayanan rawat inap di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah literature review dengan metode scoping review dengan kata kunci bauran pemasaran, keputusan pasien memilih jasa pelayanan rawat inap, marketing mix, marketing mix of decisions on choosing inpatient services. Artikel penelitian diperoleh melalui mesin Google Scholar dan Scient Direct. Terdapat 10 artikel penelitian yang sesuai dengan kritera inklusi penelitian. Dari hasil telaah, didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara product, price, promotion, people, process dan physical evidence dengan keputusan pasien dalam memilih pelayanan rawat inap di rumah sakit. Sedangkan antara place tidak berpengaruh dengan keputusan pasien dalam memilih pelayanan rawat inap di rumah sakit. Kata Kunci: Bauran pemasaran, pasien rawat inap, rumah sakit
dc.title LITERATURE REVIEW: PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH JASA PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account