Repo Mhs ULM

LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS TERAKREDITASI

Show simple item record

dc.contributor.author Odelia Bernadette Butar Butar
dc.date.accessioned 2022-03-23T09:53:50Z
dc.date.available 2022-03-23T09:53:50Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/30096
dc.description.abstract Puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas harus mampu memberikan pelayanan bermutu yang sesuai standar pelayanan kesehatan dan standar kompetensi tenaga kesehatan. Metode penulisan yang digunakan adalah kajian pustaka (literature review) dengan jenis scoping review. Hasil yang didapatkan berdasarkan studi terdahulu mengenai adanya hubungan antara dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien adalah terdapat 10 studi untuk dimensi bukti fisik (tangibles), terdapat 9 dari 10 studi untuk dimensi kehandalan (reliability), terdapat 10 studi untuk dimensi ketanggapan (responsiveness), terdapat 9 dari 10 studi untuk dimensi jaminan (assurance), dan terdapat 8 dari 10 studi untuk dimensi empati (emphaty). Saran yang dapat diberikan agar peneliti selanjutnya dapat menjadikan literature review ini sebagai salah satu referensi untuk melakukan penelitian. Bagi penyedia layanan kesehatan diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan, baik dari segi sarana dan prasarana seperti penampilan fisik fasilitas layanan, peralatan/perlengkapan, sumber daya manusia, dan materi komunikasi fasilitas kesehatan. Kata kunci: akreditasi, puskesmas, kepuasan pasien, kualitas pelayanan.
dc.title LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS TERAKREDITASI


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account