Repo Mhs ULM

Analisis  Kerja Alat Pancang Hydraulic Static Pile Driver pada Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang dari Segi Waktu dan Biaya (Studi Kasus Proyek Pekerjaan Fisik dan Perluasan Gedung Pengadilan Negri Marabahan )

Show simple item record

dc.contributor.author Abnu Azhar
dc.date.accessioned 2022-03-23T11:23:19Z
dc.date.available 2022-03-23T11:23:19Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/30835
dc.description.abstract Untuk membuat sebuah bangunan dibutuhkan pondasi yang kuat untuk menahan beban diatasnya. Pada proyek Pekerjaan Fisik Renovasi dan Perluasan Gedung Pengadilan Negeri memerlukan manajemen alat berat berupa alat pancang, metode pemancangan yang digunakan adalah menggunakan alat Hydraulic Static Pile Driver. Manajemen tiang pancang tersebut diperlukan untuk dapat mengetahui estimasi waktu pengerjaan pada keseluruhan bangunan agar pelaksanaan berjalan sesuai atau tidak melebihi waktu proyek yang telah direncanakan. Oleh karena itu memerlukan analisis efisiensi alat pancang. Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini didapat nilai produksi alat Hydraulic Static Pile Driver didapat nilai produksi tertinggi adalah 0,23 meter/menit dan nilai terendah adalah 0,21 meter/menit. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan pemancangan proyek berdasarkan perencanaan adalah 9 minggu, sedangkan realisasi dilapangan untuk menyelesaikannya adalah 7minggu. Rencana biaya pelaksanaan untuk menyelesaikan pekerjaan pemancangan proyek ini anggaran biaya adalah sebesar Rp 2.073.360.000 Sedangkan biaya prealisasi dilapangan sebesar Rp 2.481.150.000. Yang berarti biaya pelaksanaan dilapangan lebih besar dari biaya perencanaan sebesar Rp. 407.790.000 hal itu dikarenakan adanya penambahan volume dipekerjaan pengadaan tiang pancang sebanyak 828,00 m3 dan pada pekerjaan pemancangan dan handling sebesar 828 m3 dan sambungan tiang sebanyak 138 nos. Kata kunci: Produktivitas, Hydraulic Static Pile Driver, Efisien
dc.title Analisis  Kerja Alat Pancang Hydraulic Static Pile Driver pada Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang dari Segi Waktu dan Biaya (Studi Kasus Proyek Pekerjaan Fisik dan Perluasan Gedung Pengadilan Negri Marabahan )


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account