Repo Mhs ULM

Hubungan antara Self Determination dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Selama Belajar Daring di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Show simple item record

dc.contributor.author Riska Novianti
dc.date.accessioned 2022-03-23T11:40:26Z
dc.date.available 2022-03-23T11:40:26Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/30977
dc.description.abstract Beban kerja akademis merupakan salah satu penyebab stres mahasiswa selama masa pandemi. Peningkatan stres akademik dapat memunculkan gejala academic burnout. Salah satu sumber psikologis penting untuk menangani stres yaitu self determination. Sumber daya ini dapat membantu individu menilai stresor sebagai tantangan daripada ancaman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara self determination dengan academic burnout. Sampel penelitian merupakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (N=150). Alat ukur yang digunakan adalah Maslach Burnout Inventory-Student Survey dan Basic psychological need satisfaction in general. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment pearson menunjukkan terdapat hubungan negatif antara kedua variabel. Selain itu, dua dari tiga dimensi academic burnout menunjukkan hubungan tertinggi dengan need for competence. Meningkatkan kebutuhan kompetensi dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam menyelesaikan pekerjaan akademik mahasiswa yang berpotensi mengarah pada penurunan academic burnout. Kata kunci : Academic burnout, self determination, belajar daring
dc.title Hubungan antara Self Determination dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Selama Belajar Daring di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account