Repo Mhs ULM

Analisis Kinerja Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Pada Pekerjaan Konstruksi di Kabupaten Barito Utara

Show simple item record

dc.contributor.author Dora Paridewi
dc.date.accessioned 2022-03-23T12:04:29Z
dc.date.available 2022-03-23T12:04:29Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/31097
dc.description.abstract ABSTRAK ANALISIS KINERJA UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA (UKPBJ) PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI DI KABUPATEN BARITO UTARA DORA PARIDEWI 1720828320009 Dr. Eng. IRFAN PRASETIA, S.T., M.T. Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) pada proyek konstruksi di Kabupaten Barito Utara menarik untuk diteliti. Sebab, hingga sekarang masih belum memiliki SOP sebagai salah satu penentu kualitas jasa dan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja UKPBJ dengan menggunakan metode tertentu. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI), untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerjanya. Berdasarkan perhitungan Importance Performance Analysis (IPA), ada beberapa faktor dominan yang harus menjadi agenda prioritas perbaikan kinerja, yaitu: 1) Pada variabel Sistem pengendalian internal, yaitu operasi pengendalian dan pengambilan tindakan perbaikan dilakukan tepat waktu; 2) Pada variabel budaya kerja UKPBJ, agenda prioritas utama perbaikan yaitu: setiap pegawai diberikan peluang untuk melakukan inovasi dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan keputusan manajemen selalu mempertimbangkan dampak yang akan ditimbulkan; dan 3) Pada variabel etika UKPBJ, prioritas utama perbaikan yaitu: petugas selalu menjaga kerahasiaan dan mencegah penyalahgunaan data dan informasi elektronik. Sedangkan berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI), didapatkan nilai CSI pada: 1) kemampuan UKPBJ menghindari kecurangan (fraud) sebesar 77,67%; 2) kemampuan UKPBJ menggunakan E-procurement sebesar 77,55%, sistem pengendalian internal sebesar 76,36%, budaya kerja UKPBJ sebesar 79,51%, dan etika UKPBJ sebesar 76,28%. Nilai ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan konsumen terhadap kinerja UKPBJ pada proyek konstruksi di Kabupaten Barito Utara berada pada kriteria “puas”. Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Pengadaaan barang/jasa, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA)
dc.title Analisis Kinerja Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Pada Pekerjaan Konstruksi di Kabupaten Barito Utara


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account