Repo Mhs ULM

Hubungan Conscientiousness dengan Kecanduan Game Online pada Generasi Z di Banjarbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Rissa Purnama Meidela
dc.date.accessioned 2022-03-23T12:56:28Z
dc.date.available 2022-03-23T12:56:28Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/31521
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan conscientiousness dengan kecanduan game online pada generasi Z di Banjarbaru. Populasi pada penelitian ini adalah remaja generasi Z dari rentang usia 10-19 tahun di Banjarbaru. Remaja yang bermain game online 4-5 hari selama seminggu dan waktu dalam bermain game online 4 jam/hari, merupakan remaja yang paling beresiko mengembangkan kecanduan game online. Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling yang dimana pemilihan kriteria sampel dikehendaki atau ditetapkan dari peneliti dengan pertimbangan tertentu. Metode pengambilan data dengan membagikan link google form yang terdiri dari skala conscientiousness dan skala kecanduan game online. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan korelasi product moment pearson, dengan nilai yang didapat r = -0,512 menunjukkan hubungan kecanduan game online dengan conscientiousness termasuk kedalam kategori sedang. Tanda negatif untuk nilai pearson correlation menunjukkan adanya hubungan yang berbanding terbalik antara kecanduan game online dengan conscientiousness. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka semakin rendah tingkat conscientiousness. Kemudian sebaliknya, semakin rendah tingkat kecanduan game online maka semakin tinggi tingkat conscientiousness.
dc.title Hubungan Conscientiousness dengan Kecanduan Game Online pada Generasi Z di Banjarbaru


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account