dc.description.abstract |
Penyebaran virus coronavirus disease (Covid-19) di wilayah Indonesia berdampak pada bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring guna menetapkan sosial distance. Efek adanya pandemi Covid-19 berpengaruh pada kondisi psikologis siswa. Mindfulness digunakan untuk mengurangi psychological discomforts, stres, kecemasan, depresi, perilaku menyimpang, dan konflik interpersonal. Regulasi emosi memediasi sebagian besar efek dari mindfulness yang berkaitan dengan depresi dan kecemasan. Regulasi mampu meningkatkan mindfulness yang artinya semakin tinggi mindfulness maka semakin tinggi pula kemampuan untuk meregulasi emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dan regulasi emosi pada siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati saat proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dengan metode penelitian kuantitatif. Sebanyak 87 orang siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati merupakan subjek penelitian yang dipilih melalui teknik pemilihan sampel yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa mindfulness dan regulasi emosi memiliki hubungan yang signifikan dan positif pada siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati saat proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dengan nilai r = 0.358; p=0,001.
Kata kunci: Mindfulness, regulasi emosi, covid-19, SMA Negeri 1 Bati-Bati dan siswa. |
|