Repo Mhs ULM

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AITEM VIRTUAL PADA PEMAIN ONLINE GAME DI BANJARBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Satria Dwi Darmawan
dc.date.accessioned 2022-03-23T13:10:33Z
dc.date.available 2022-03-23T13:10:33Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/31637
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian aitem virtual pada pemain online game di Banjarbaru. Populasi penelitian merupaan 100 orang pemain online game yang berdomisili di wilayah Banjarbaru, pemilihan subjek menggunakan teknik snowball sampling pada populasi pemain online game rentang usia 18-30 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan skala yang diadaptasi dari skala kontrol diri Tangney et al. (2004) untuk mengukur kontrol diri dan skala perilaku konsumen Scarpi (2020 untuk mengukur tingkat perilaku konsumen. Hasil uji korelasi product-moment dari Karl Pearson menunjukkan adanya hubungan negatif r = (-0,469) dengan nilai signifikansi = 0,000 antara kontrol diri dengan perilaku konsumen dalam pembelian aitem virtual pada pemain online game di Banjarbaru. Koefisien determinasi menujukkan kontrol diri memiliki sumbangan efektif 22% pada perilaku konsumen sedangkan 78% merupakan sumbangan dari faktor lain. Hasil penelitian dapat disimpulkan semakin rendah kontrol diri pemain online game maka semakin tinggi perilaku konsumen dalam pembelian aitem virtual, sebaliknya semakin tinggi kontrol diri dari pemain online game maka semakin rendah perilaku konsumen dalam pembelian aitem virtual.
dc.title HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AITEM VIRTUAL PADA PEMAIN ONLINE GAME DI BANJARBARU


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account