Abstract:
ABSTRAK
KAJIAN LITERATUR: FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT
KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT
Lestari W
Latar belakang: Rendahnya kualitas mutu pelayanan sehingga tingkat kepuasan
pasien belom memenuhi kriteria pelayanan minimum yaitu 95% yang dipengaruhi
oleh beberapa faktor sehingga derajat kepuasan masih rendah.
Tujuan: Untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan
pasien rawa inap dirumah sakit
Metode: Studi ini menggunakan literature review, dari dua basis data elektronik;
Google Scholar dan Garuda dalam rentang tahun 2015-2020 ditemukan sepuluh
literatur yang sesuai dengan kata kunci.
Hasil: Hasil sintesis data pada 10 artikel jurnal 5 artikel jurnal menyatakan bahwa
tingkat kepuasan pasien rendah karena komunikasi kurang efektif, 4 artikel jurnal
menyatakan bahwa tingkat kepuasan rendah karena kualitas mutu pelayanan,
dan 1 artikel jurnal menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien rendah karena
penjadwalan dinas.
Pembahasan: Kepuasan pasien pada mutu pelayanan yang diberikan tenaga
keperawatan terhadap klien selama mendapatkan perawatan dirumah sakit,
pelayanan, dan asuhan keperawatan yang diterima oleh pasien merupakan
bentuk pelayanan professional yang dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat
inap dan meningkatnya kualitas mutu pelayanan kesehatan.
Kata Kunci: pasien, rawat inap, tingkat kepuasan.