Repo Mhs ULM

Pengembangan Modul Berbasis Konseling Model KIPAS untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Sosial pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Norliana
dc.date.accessioned 2022-06-16T06:48:24Z
dc.date.available 2022-06-16T06:48:24Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/32420
dc.description.abstract ABSTRAK : Pergeseran kehidupan dapat mengurangi kepedulian sosial yang disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya arus modernitas yang kian mekanis sehingga relasi yang berbasis ketulusan semakin tidak bisa dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul Kupas Inti Persaudaraan Antar Sesama (KIPAS) dapat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli sosial siswa pada kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan Mix Method dengan jenis penelitian pengembangan. Alat pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan teknik penarikan sample dengan cara purposive sampling. Sample yang diperoleh berjumlah enam orang siswa kelas XI dengan menggunakan teknik analisis ICC dan Wilcoxon. Hasil penelitian yang didapat adalah modul KIPAS dapat meningkatkan nilai karakter peduli sosial, dilihat dari adanya berbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan signifikan asymp sig (2 tailed) = 0,028 < 0,05 menggunakan Uji Wilcoxon. Data tersebut sejalan dengan Uji Modul yang menggunakan ICC, dimana Modul KIPAS berguna, layak, dan tepat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli sosial peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Kata Kunci : Modul KIPAS, Konseling KIPAS, Peduli Sosial
dc.title Pengembangan Modul Berbasis Konseling Model KIPAS untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Sosial pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account