Repo Mhs ULM

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA KELAS VIII SMP/MTS

Show simple item record

dc.contributor.author Puput Indra Wati
dc.date.accessioned 2022-06-16T06:50:07Z
dc.date.available 2022-06-16T06:50:07Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/32435
dc.description.abstract Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa. Namun, pada kenyataanya siswa kurang mampu memecahkan masalah, hal tersebut terlihat dari kesulitan yang mereka alami dalam memahami masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa berlatih dalam pemecahan masalah adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran PBL dengan konteks lingkungan lahan basah; (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran konvensional dengan konteks lingkungan lahan basah; (3) pengaruh model PBL dengan konteks lingkungan lahan basah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas VIII E sesi 1 sebagai kelas kontrol dan VIII E sesi 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang menggunakan model PBL berkualifikasi baik; (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkualifikasi sangat kurang; (3) model PBL dengan konteks lingkungan lahan basah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemecahan masalah matematika, konteks lingkungan lahan basah.
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA KELAS VIII SMP/MTS


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account