Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 TAMBAN

Show simple item record

dc.contributor.author Nurul Aida
dc.date.accessioned 2022-06-16T08:10:31Z
dc.date.available 2022-06-16T08:10:31Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33070
dc.description.abstract Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dan mengetahui kualitas dan efektifitas dari media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Geografi kelas XI untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan dalam model pengembangan ini meliputi tahap define, design, development, dan dessiminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan skala likert dan Uji N-Gain untuk melihat pengaruh minat belajar siswa setelah media pembelajaran tersebut digunakan. Hasil penelitian yang didapatkan dari validasi kelayakan materi mendapatkan skor 93,33?n masuk kedalam kategori “sangat layak”, sementara dari validasi kelayakan media mendapatkan skor 95?n masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan penilaian uji pretest mendapat skor 41,03?n Posttest sebesar 71,43?n uji N-Gain mendapat skor 0,7% sehingga masuk dalam katagori “Tinggi”. Berdasarkan kategori skor yang telah didapatkan, maka hasil penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada umumnya.
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 TAMBAN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account