dc.description.abstract |
Penelitian bertujuan memahami efektivitas layanan jemput bola administrasi pendudukan dalam ikut serta kebijakan dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser.
Metode yang diaplikasikan ialah kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini informan tentukan dengan teknik pengumpulan data. Penggabungan tiga teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Segi analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data serta kesimpulan.
Hasil penelitian efektivitas layanan jemput bola administrasi perlu adanya dukungan dari semua pihak memiliki kewengan dan mengetahui adanya informasi pelayanan jemput bola. Penting adanya informasi dan identifikasi yang melibatkan masyarakat di lingkungan sekitar. Setiap layanan yang diberikan perlu adanya arahan, bimbingan, identifikasi, dukungan, menambah anggota dan memperpanjang waktu proses penyebaran informasi guna meningkatkan jumlah masyarakat yang ingin melakukan pelayanan.
Berdasarkan hal tersebut, maka diharapkan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar lebih luas lagi dalam menyampaikan informasi dalam memberdayakan organisasi masyarakat, organisai pemuda, hingga orang yang memiliki kedudukan di tiap wilayah agar dapat meningkatkan efektivitas masyarakat sehingga dapat mempermudah melakukan pelayanan yang diberikan dan menjadi lebih efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, Layanan, Jemput Bola, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser |
|