dc.description.abstract |
Kecerdasan adversitas adalah suatu kemampuan yang individu miliki sehingga mampu mengatasi setiap hambatan yang dijalaninya selama proses kehidupannya sehingga dapat tercapai keinginan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan adversitas yang dimiliki selama proses pembelajaran daring berdasarkan dimensi dan faktor-faktornya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 3 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek mampu mengatasi kesulitan yang didapatkan selama proses pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19, beserta faktor yang mendukung seperti daya saing, kerja sama, produktivitas, kreativitas, motivasi, mengambil risiko, perbaikan, ketekunan, belajar, merangkul perubahan, stress dan tekanan. Sehingga ketiga subjek mampu mencapai keberhasilan selama proses pembelajaran daring dilaksanakan.
Kata kunci: Kecerdasan adversitas, pembelajaran daring, COVID-19 |
|