dc.description.abstract |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemanfaatan e-learning di lingkungan belajar (rumah) terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian menggunakan populasi kelas XI IPA, XI dan XII IPS MAN 2 Model Banjarmasin dengan total 194 siswa. sampel yang digunakan adalah probability sampling; Proportionate stratified random sampling yaitu sebanyak 111 siswa dari populasi. Instrumen penelitian berupa Kuisioner sebanyak 39 pernyataan yang telah memenuhi uji validitas dengan KMO X^1= 0,808, X^2=0,699, dan Y = 0,840. Uji reliabilitas X^1= 0,767, X^2= 0,690, dan Y = 0,825. Data berdistribusi normal yakni sebesar 0,200>0,05. Uji linearitas X^1Y adalah F=6,63, X^2Y adalah F=50,141 dengan p<0,05. Pemanfaatan e-learning oleh siswa dikategorikan sedang dengan presentase 73,9%. Lingkungan belajar siswa dikategorikan sedang dengan presentase 58,6%. Motivasi belajar dikategorikan tinggi dengan presentase 75,68%. Teknik uji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda dengan regresi F_Hitung sebesar 22,733 dengan P<0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan E-learning dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan indeks korelasi bersama yang diperoleh yaitu ?Ry?_1.2 = 0,544, koefisien determinasi R^2= 0,296, sehingga Ha diterima.
Kata kunci : E-learning, Lingkungan belajar (Rumah), Motivasi Belajar |
|