Repo Mhs ULM

Analisis Sentimen Pengguna Zoom Menggunakan VADER

Show simple item record

dc.contributor.author Husna Rezal Dewantara
dc.date.accessioned 2022-06-16T08:20:53Z
dc.date.available 2022-06-16T08:20:53Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33153
dc.description.abstract Analisis sentimen merupakan salah satu proses menganalisis kumpulan teks yang bertujuan untuk menganalisis polaritas emosional baik negatif, netral maupun positif. Proses analisis sentimen yang dilakukan menggunakan data ulasan Google Play, dimana orang mengungkapkan perasaan dan pendapat mereka tentang aplikasi tersebut. Agar dapat mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan Zoom diperlukan analisis sentimen pada ulasan penggunanya menggunakan VADER (Valence Aware Dictionary for Social Reasoning). VADER mampu menentukan keragaman data melalui intensitas kekuatan emosional yang ada sesuai dengan kamus data kamus yang tersedia. Setelah dilakukan pelabelan manual, data akan diimplementasikan dengan VADER. Diambil range 0.05 dan -0.05 untuk mendapatkan data yang lebih sedikit ulasan netral dan dapat meningkatkan jumlah ulasan positif dan negatif sehingga didapatkan jumlah ulasan positif sebanyak 2098 ulasan, ulasan negatif sebanyak 1544 ulasan dan ulasan netral sebanyak 358 ulasan. Setelah didapatkan label pada implementasi VADER, maka dihitunglah nilai akurasi dengan membandingkan label hasil implementasi VADER dengan label hasil pelabelan manual didapatkan nilai precision sebesar 0.90 atau 90%, recall sebesar 0.85 atau 85?n F1-Score sebesar 0.87 atau 87%.
dc.title Analisis Sentimen Pengguna Zoom Menggunakan VADER


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account