Repo Mhs ULM

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN STABILITAS SEDIAAN MASKER PEEL-OFF ARACHI DENGAN VARIASI KONSENTRASI KEFIR SARI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Show simple item record

dc.contributor.author Mulia
dc.date.accessioned 2022-06-16T08:22:12Z
dc.date.available 2022-06-16T08:22:12Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33164
dc.description.abstract Senyawa antioksidan khususnya dari bahan alami pada sediaan kosmetik biasanya bersifat tidak stabil sehingga diperlukan uji stabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh variasi konsentrasi kefir sari kacang tanah terhadap aktivitas antioksidan dan stabilitas sediaan masker peel-off Arachi setelah disimpan pada suhu kamar dan freeze thaw (4±2ºC dan 40±2ºC) sebanyak 7 siklus. Sediaan masker peel-off yang dibuat pada penelitian ini didasarkan pada formula yang sudah dioptimasi dan memenuhi karakteristik fisik sediaan gel yang baik. Uji aktivitas antioksidan sediaan dilakukan dengan metode DPPH yang didasarkan pada nilai IC50 dan diuji kembali setelah penyimpanan selama 28 hari. Uji stabilitas yang dilakukan pada sediaan yaitu uji organoleptis, pH, waktu kering, daya lekat, dan daya sebar setiap 4 hari (1 siklus) selama 7 siklus pada kondisi penyimpanan suhu kamar dan freeze thaw. Variasi konsentrasi kefir mempengaruhi aktivitas antioksidan (p<0,05) dan mempengaruhi stabilitas jika disimpan pada suhu kamar dan freeze thaw. Hasil uji aktivitas antioksidan menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi kefir juga meningkatkan aktivitas antioksidannya. Hasil uji stabilitas pada suhu kamar menunjukkan F1 tidak stabil pada uji pH, daya sebar dan mengalami peningkatan aktivitas antioksidan; F2 dan F3 tidak stabil pada uji pH. Hasil uji stabilitas pada freeze thaw menunjukkan F1 tidak stabil pada uji pH, daya sebar dan mengalami peningkatan aktivitas antioksidan; F2 tidak stabil pada uji pH, daya sebar dan mengalami penurunan aktivitas antioksidan; F3 tidak stabil pada uji pH.
dc.title UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN STABILITAS SEDIAAN MASKER PEEL-OFF ARACHI DENGAN VARIASI KONSENTRASI KEFIR SARI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account