Repo Mhs ULM

KARAKTERISASI GENETIK CABAI ‘HIYUNG’ (Capsicum frutescens L.)LOKAL KALIMANTAN SELATAN menggunakan PENANDASITOLOGIS (KROMOSOM)

Show simple item record

dc.contributor.author Nico Allianur
dc.date.accessioned 2022-06-16T08:29:43Z
dc.date.available 2022-06-16T08:29:43Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33225
dc.description.abstract Cabai “Hiyung” merupakan salah satu varietas cabai rawit lokal Kalimantan Selatan yang sangat prospektif untuk dikembangkan. Hal ini karena cabai tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantaranya kandungan kapsaisin yang tinggi dan lamanya daya simpan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari karakteristik genetik tanaman cabai ‘Hiyung’ lokal Kalimantan Selatan berdasarkan penanda sitologis (kromosom). Prosedur kerja dalam penelitian meliputi pengamatan kromosom pada berbagai fase pembelahan sel (mitosis). Metode squash yang digunakan untuk mengamati kromosom dengan pewarna aceto-orcein. Penelitian ini menunjukkan jumlah kromosom yang teramati pada cabai Hiyung sebanyak 24 unit atau 12 pasang (2n = 24). Selain itu seluruh tahapan pembelahan sel cabai Hiyung teramati profase, prometafase, metafase, anafase, dan telofase. Frekuensi kejadian fase pembelahan sel pada cabai Hiyung berbedabeda dan fase terbaik mengamati jumlah kromosomnya pada metafase dan prometafase yang kebanyakan terjadi antara jam 9 dan 10 pagi.
dc.title KARAKTERISASI GENETIK CABAI ‘HIYUNG’ (Capsicum frutescens L.)LOKAL KALIMANTAN SELATAN menggunakan PENANDASITOLOGIS (KROMOSOM)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account