dc.description.abstract |
Dunia pendidikan Abad ke-21 dituntut menghasilkan generasi yang terampil dalam menerapkan teknologi dan mampu berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik konsep Virus terhadap hasil belajar kognitif produk. (2) menjelaskan pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik konsep Virus terhadap hasil belajar kognitif proses. (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik konsep Virus menggunakan LKPD-Elektronik. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eskperiment dan deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, pada penelitian kognitif produk dan kognitif proses menggunakan peserta didik kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3, keterampilan berpikir kritis menggunakan kelas perlakuan dan kontrol. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan analisis kovarian dianalisis dengan uji Statistical Product and Service Solutions (Program SPSS 22). Data keterampilan berpikir kritis menggunakan uji deskriptif dengan penskoran kategorisasi sangat baik (91%-100%), baik (71%-90%), cukup (61%-70%), dan kurang (<61%). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif produk (sig. 0,000), (2) terdapat pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif proses (sig. 0,000), (3) penggunaan LKPD-Elektronik pada konsep Virus menunjukkan hasil kategori baik untuk aspek interpretasi, analisis, eksplanasi, dan pengaturan diri, dan kategori cukup baik untuk aspek evaluasi dan inferensi.
Kata kunci: Hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, Liveworksheet, LKPD- Elektronik, virus. |
|