dc.description.abstract |
Berkembangnya teknologi yang sedang pesat-pesatnya saat ini membuat pengajar agar bisa menciptakan media pembelajaran kreatif. Hal ini berkebalikan dengan pembelajaran ekonomi di SMAN 3 Banjarmasin, dimana media yang diterapkan masih kurang bervariasi serta masih banyak konvensional, yang berimbas pada turunnya pemahaman siswa. Sehingga pada penelitian ini peneliti betujuan mengembangkan media pembelajaran berbentuk kolaborasi powerpoint dan kahoot pada mata pelajaran ekonomi materi permintaan dan penawaran untuk kelas X SMAN 3 Banjarmasin, dengan menerapkan model ADDIE. Dimana peneliti mengkolaborasikan dua media interaktif yang ditengarai bisa berdampak pada efektivitas pembelajaran ekonomi. Ini berdasarkan uji T-test yang menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) p=0,012<0,05, lalu disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan memberikan keefektifan yang bisa meningkatkan pemahaman peseta didik dan sangat layak dipergunakan. |
|