Abstract:
Suhartina Seleng, 2021, Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi COVID19 pada Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Annisa Kota Banjarmasin,
Muhammad Riduansyah Syafari (Pembimbing I), dan Ahmad Yunani (Pembimbing II)
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi strategi peningkatan kinerja
karyawan pada masa Pandemi COVID-19, tepatnya di RSKIA Annisa Kota Banjarmasin. Penelitian
ini dilatar belakangi oleh adanya Pandemi COVID-19 yang berdampak pada berbagai sektor
pembangunan daerah, khususnya di sektor pelayanan kesehatan. RSKIA Annisa merupakan rumah
sakit swasta yang memberikan pelayanan pada ibu dan anak. Di masa pandemi, RSKIA Annisa
mengalami lonjakan jumlah pasien, sebagai dampak beralihnya pertimbangan masyarakat untuk
mencari rumah sakit yang lebih aman dan nyaman di masa pandemi. Di samping itu, kondisi
pandemi memberikan rasa berkurangnya keamanan bagi petugas rumah sakit untuk memberikan
pelayanan kepada masyarakat, maka melaui peneltian ini, diakukan analisis implementasi strategi
peningkatan kinerja karyawan di masa Pandemi COVID-19.
Guna menjawab permasalahan penelitian, peneliti menggunakan teori strategi peningkatan
kinerja karyawan oleh Ilyas (2011). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Lokasi peneltian berada di Kota Banjarmasin, batasan waktu penelitian yaitu rentang
tahun 2020-2021 yaitu tahun berlangsungnya Pandemi COVID-19, informan penelitian adalah pihak
RSKIA Annisa, jenis data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder, serta teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan di RSKIA Annisa selama
Pandemi COVID-19 meliputi pemberian penghargaan atas kinerja yang telah dilakukan di masa
Pandemi COVID-19, membangun rasa aman kepada karyawan dari dampak Virus COVID-19,
membangun komunikasi dua arah antara karyawan dan pihak rumah sakit, memberikan kepercayaan
kepada karyawan untuk dapat bekerja dengan optimal sesuai dengan tanggung jawabnya,
membangun integrasi antara karywan dan rumah sakit, dan kepemimpinan yang efektif, yaitu
melalui arahan terstruktur, pemberian pengarahan secara jelas, menerapkan komunikasi yang baik
dalam proses kepemimpinan, dan melakukan perbaikan dengan evaluasi yang terukur dan terarah.
Kata Kunci: Strategi, Peningkatan, Kinerja, Karyawan, RSKIA Annisa, Pandemi, COVID19.