Ariansyah, Zainul Akhyar, Dian Agus Ruchliyadi
Universitas Lambung mangkurat
Jl. brigjen h. Hasan basri, pangeran, kec. banjarmasin utara
Kota banjarmasin, Kalimantan selatan 70123
[email protected]
ABSTRAK
Pelayanan publik merupakan segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Intansi Pemerintah di Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penyusunan kebijakan pelayana serta mengetahui manajemen sistem pengelolahan pengaduan pelayanan untuk mengetahui pemenuhan tanggung jawab negara terhadap hak-hak warga negara ddalam pelayanan publik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Pada penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian Prosedur penyusunan kebijakan standar pelayanan publik di Kelurahan Basirih Hilir sudah menggunakan Prosedur SOPD, kemudian manajemen sistem pengelolaan pelayanan publik di Kelurahan Basirih Hilir sudah sesuai dengan sistem yang berlaku dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk pemenuhan tanggung jawab Negara terhadap hak-hak warganegara dalam pelayanan Publik sudah terpenuhi jika pihak Kelurahan sudah memberikan gambaran terhadap hak-hak nya, melalui pelayanan yang baik, memberikan keamaan dan memberikan perlindungan untuk masyarakat Basirih Hilir, serta menjaga lingkungan tetap bersahaja.
Kata kunci : Pelayanan Publik, Hak Warga Negara, Kewajiban Negara.