dc.description.abstract |
ABSTRAK
AkhmadRizali.2021. Korelasi antara Komunikasi Interpersonal dan
Penyesuaian Diri Terhadap Perilaku Bullying verbal Pada Siswa
Kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Skripsi, ProgramStudi
Bimbingan
dan
Konseling FKIP Universitas
Lambung
Mangkurat.Pembimbing (I) Dr. Ali Rachman.M.Pd., (II) Dr. Nina
Permata Sari, S.Psi, M.Pd.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Penyesuaian Diri, Perilaku Bullying
verbal
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara
komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri terhadap perilaku Bullying
verbal Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin.
Meetode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan
korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 6
Banjarmasin sebanyak 215 orang dengan Teknik penarikan sampel pada
penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel sebanyak 141
orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data
menggunakan uji korelasi, uji F.
Berdasarkan hasil analisis bahwa komunikasi interpersonal dengan anak
yang perilaku bullying verbal dengan nilai korelasi yaitu 0.607 termasuk
berkorelasi positif dengan hasil taraf signifikan yaitu 0.000 < 0.05. Hasil uji
korelasi diketahui bahwa penyesuaian diri dengan anak yang perilaku bullying
verbal dengan nilai korelasi yaitu 0.921 termasuk berkorelasi kuat karena uji
korelasi menunjukkan antara dengan dari 08.00-09 termasuk dalam korelasi
kuat. Sementara dari hasil taraf signifikan yaitu 0.000 < 0.0.Hasil uji r square
tersebut menunjukkan besaran dari korelasi variable penyesuaian diri dan
komunikasi interpersonal dengan siswa yang perilaku bullying verbal di X di
SMA Negeri 6 Banjarmasin. Berdasarkan table diatas nilai koefesien
determinasi (R2
) sebesar 0.936 dan nilai adjustment R Square sebesar 0.877
yang besarnya sumbangan korelasi variable independen terhadap variable
dependen adalah 87.7%. |
|