dc.description.abstract |
Salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar daring adalah media pembelajaran. Media pembelajaran video misalnya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar karena mampu menarik perhatian siswa. Pembelajaran tematik pada jenjang SD merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cocok menggunakan video pada proses pengajarannya agar tidak cenderung monoton. Video pembelajaran tematik mampu meningkatkan hasil belajar karena berbentuk visual dan suara yang mudah dipahami siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengembangkan media video pembelajaran tematik Pekerjaan Disekitarku kelas IV SDN-SN Pasar Lama 3, (2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran tematik Pekerjaan Disekitarku kelas IV SDN-SN Pasar Lama 3, (3) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah memanfaatkan media video pembelajaran tematik Pekerjaan Disekitarku kelas IV SDN-SN Pasar Lama 3. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4D (four-D) yaitu Define, Desain, Development and Disseminate
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil validasi ahli media yang menunjukan jumlah skor pada kategori “Sangat Layak”. (2) Hasil validasi ahli materi menunjukan jumlah skor dengan kualifikasi “ Sangat Layak”, dan hasil analisis data dari ahli naskah memperoleh hasil pada kategori “Sangat Layak”. Kemudian duji tingkat kelayakan pada hasil belajar siswa dan terdapat peningkatan hasil belajar. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang sangat layak dalam pembelajaran.. Video pembelajaran ini sangat direkomendasikan untuk Sekolah Dasar terutama pada saat pembelajaran dalam jaringan saat ini. |
|