dc.description.abstract |
Penelitian ini berbeda dengan penelitian-penelitian lainnya karena dari penelitian-penelitian sebelumnya kebanyakan dilakukan di sekolah menengah pertama atau atas, namun disini peneliti melakukan penelitian ini di sekolah menengah kejuruan. Jadi peneliti mencoba melakukannya dari sudut pandang yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar bahasa Inggris siswa dengan prestasi belajar mereka di SMKN 4 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional karena penulis mencoba menghitung kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SMKN 4 Banjarmasin sebanyak 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan angket. Peneliti menggunakan pearson product moment untuk analisis data.
Temuan penelitian ini adalah minat siswa dapat mempengaruhi prestasi mereka. Siswa yang memiliki minat tinggi berusaha untuk menuntut ilmu lebih dari yang memiliki minat rendah. Mereka juga belajar bahasa Inggris di sekolah dan juga di luar sekolah. Mereka terlihat enjoy dan siap mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru.
Disarankan kepada seorang guru yang mengajar bahasa Inggris harus mengelola kelas untuk membantu minat siswa terhadap pelajaran, harus dipersiapkan dengan baik dalam belajar mengajar dan memberikan penjelasan yang baik dan jelas tentang pelajaran. Bagi siswa, mereka harus menyadari tujuan belajar mereka. Dan orang tua harus memberikan kondisi yang baik di rumah, dan mengamati anak-anak mereka tentang pelajaran mereka. |
|