dc.description.abstract |
Pelayanan kesehatan di rumah sakit saat ini sering mengalami keluhan dari pasien dimana perawat dianggap tidak memiliki komunikasi interpersonal yang baik dan tidak efektif, padahal komunikasi Interpersonal perawat sangatlah penting bagi proses kesembuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan dengan Indikator yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan. Teknik pegumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas komunikasi interpersonal antara perawat pelaksana ruangan Bougenville dan seroja dengan pasien rawat inap di RSUD Dr. Murjani Sampit, dapat disimpulkan belum maksimal karena terdapat kekurangan pada pola komunikasi interpersonal yaitu dukungan (Supportiviness). Komunikasi interpersonal antara perawat dan pasien di RSUD dr.Murjani Sampit dapat di katakan tidak efektif.
Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Pasien, Perawat, Pelayanan Kesehatan |
|