dc.description.abstract |
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DENGAN RESILIENSI
AKADEMIK SISWA SMAN BANUA KALIMANTAN SELATAN BILINGUAL
BOARDING SCHOOL
Wury Utami Febriani
Beragam tantangan dan tekanan pada siswa sekolah unggul memperlihatkan
bahwa siswa harus memiliki kemampuan adaptasi dan ketangguhan agar dapat
menjalankan proses akademiknya dengan optimal. Proses yang dilakukan seseorang
dalam menghadapi tragedi, ancaman, kesulitan, trauma atau sumber stress yang
signifikan disebut sebagai resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara kecerdasan adversitas dengan resiliensi akademik pada siswa SMAN
Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas 10 dan 11 SMAN Banua berjumlah 162 siswa. Skala yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari skala kecerdasan adversitas (cronbach’s alpha = 0,785) dan
skala resiliensi akademik (cronbach’s alpha = 0,865). Uji hipotesis penelitian
menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan
adanya hubungan antara variabel kecerdasan adversitas dan resiliensi akademik, yang
berarti menunjukkan diterima hipotesis alternatif (Ha) dan ditolaknya hipotesis nuli
(H0). Hasil uji korelasi memperlihatkan nilai sebesar 0,594 yang mengindikasikan
adanya hubungan antara kecerdasan adversitas dengan resiliensi akademik siswa
SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School dengan tingkat
hubungan sedang. Selain itu, nilai korelasi yang didaptkan menunjukkan nilai yang
positif, artinya semakin tinggi kecerdasan adversitas maka semakin tinggi pula tingkat
resiliensi akademik siswa.
Kata kunci: Resiliensi akademik, kecerdasan adversitas, sekolah unggul |
|