Repo Mhs ULM

Hubungan Antara Kecerdasan Adversitas Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan Billingual Boarding School

Show simple item record

dc.contributor.author Wury Utami Febriani
dc.date.accessioned 2023-02-23T09:26:43Z
dc.date.available 2023-02-23T09:26:43Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33850
dc.description.abstract ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMAN BANUA KALIMANTAN SELATAN BILINGUAL BOARDING SCHOOL Wury Utami Febriani Beragam tantangan dan tekanan pada siswa sekolah unggul memperlihatkan bahwa siswa harus memiliki kemampuan adaptasi dan ketangguhan agar dapat menjalankan proses akademiknya dengan optimal. Proses yang dilakukan seseorang dalam menghadapi tragedi, ancaman, kesulitan, trauma atau sumber stress yang signifikan disebut sebagai resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas dengan resiliensi akademik pada siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 SMAN Banua berjumlah 162 siswa. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala kecerdasan adversitas (cronbach’s alpha = 0,785) dan skala resiliensi akademik (cronbach’s alpha = 0,865). Uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan antara variabel kecerdasan adversitas dan resiliensi akademik, yang berarti menunjukkan diterima hipotesis alternatif (Ha) dan ditolaknya hipotesis nuli (H0). Hasil uji korelasi memperlihatkan nilai sebesar 0,594 yang mengindikasikan adanya hubungan antara kecerdasan adversitas dengan resiliensi akademik siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School dengan tingkat hubungan sedang. Selain itu, nilai korelasi yang didaptkan menunjukkan nilai yang positif, artinya semakin tinggi kecerdasan adversitas maka semakin tinggi pula tingkat resiliensi akademik siswa. Kata kunci: Resiliensi akademik, kecerdasan adversitas, sekolah unggul
dc.title Hubungan Antara Kecerdasan Adversitas Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan Billingual Boarding School


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account