Abstract:
ABSTRAK. Objek Wisata Matang Kaladan salah satu destinasi wisata memiliki daya tarik di Kalimantan Selatan. Wisata Matang Kaladan menyajikan pemandangan diatas puncak, sehingga menarik pengunjung atau wisatawan berdatangan, serta terdapat fasilitas berupa spot foto yang memungkinkan adanya pengelolaan di lokasi Wisata Matang Kaladan. Tujuan dari penelitian ini (1) menganalisis biaya pengelolaan serta pendapatan yang diperoleh dari tahun 2019-2021, (2) menganalisis pengembangan wisata melalui metode SWOT serta menentukan strategi pengembangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Analisis Biaya dan SWOT. Hasil dari analisis biaya pengelolaan Objek Wisata Matang Kaladan menunjukkan nilai rasio=1 pada tahun 2019 dan 2020, serta tahun 2021 menunjukkan nilai rasio>1 “usaha menguntungkan”. Analisis SWOT melalui pendekatan kuantitatif bernilai x= 2,00 dan y= 2,00. Analisis SWOT melalui pendekatan kualitatif SO = 10,08 ,WO = 1,92 ,ST = 2,8 ,WT = (-6,08). Berdasarkan nilai tersebut Objek Wisata Matang Kaladan dari analisis biaya tahun 2019 dan 2020 dinyatakan “tidak untung, namun tidak dirugikan” dalam arti “impas”, sedangkan 2021 dinyatakan “usaha menguntungkan” dalam arti “layak”. Analisis SWOT nilai x dan y (2.00, 2.00) posisi objek wisata yang menunjukan bahwa posisi objek berada di Kuadran I, hal ini dalam pendekatan kuantitatif menggunakan strategi SO. Analisis SWOT melalui pendekatan kualitatif menggunakan strategi SO, WO, ST, WT.