Abstract:
Penelitian ini membahas tentang peran pendidikan pesantren dalam
meningkatkan pendidikan karakter disiplin santri di Pesantren Intan Ilmu Barito
Kuala Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan
menganalisis mengenai peran pendidikan pesantren dalam meningkatkan
pendidikan karakter disiplin santri dari segi: (1) aspek peraturan, (2) aspek
pemberian hukuman, (3) aspek pemberian penghargaan, dan (4) aspek konsistensi.
Penulis dalam penelitian ini menggunaka metode kualitatif. Sumber data
yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian
menggunakan langkah-langakah reduksi data, display dan verification.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran pendidikan pesantren dalam
meningkatkan pendidikan karakter disiplin santri dari segi: (1) aspek peraturan
yaitu dengan memberlakukan peraturan akademik dan peraturan kesantrian, (2)
aspek pemberian hukuman sesuai dengan poin dan kategori pelanggaran disiplin
santri, (3) aspek pemberian penghargaan bentuk dukungan pesantren terhadap
santri yang mampu menerapkan kedisiplinan dalam kesehariannya, dan (4) aspek
konsitensi dari pesantren yang mengotrol perilaku disiplin sehingga menjadi
sebuah pembiasaan bagi santri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
dan diberikan saran : (1) santri dapat menjalankan peraturan yang telah ditetapkan
Pesanten Intan Ilmu dengan baik, (2) aspek hukuman terlihat dengan penerapan
hukuman dengan sistem level yang dilakukan bagi santri yang melanggar
hukuman, (3) bentuk pemberian penghargaan dari pesantren dapat memberikan
motivasi santri untuk berperilaku disiplin, dan (4) meningkatkan konsistensi
dalam penerapan peraturan serta penerapan sanksi.