dc.description.abstract |
ABSTRAK
Baihaki. 2022. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan (Studi Multi Situs Pada SMA Negeri 1 Juai dan SMA Negeri 2 Juai. Tesis,Program Magister Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : (I) Dr. A. Muhyani Rizalie, M.Si, (II) Dr. Ir. Agus Rifani Syaifuddin, M.M
Kata Kunci : Implementasi, Program Adiwiyata, Kurikulum Berbasis Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah Adiwiyata pada SMA Negeri 1 Juai dan SMA Negeri 2 Juai melalui pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan yang meliputi kegiatan: (1) Penetapan kebijakan program adiwiyata dalam bentuk kurikulum berbasis lingkungan. (2) Pelaksanaan program adiwayata dalam bentuk kurikulum berbasis lingkungan. (3) Pihak-pihak siapa saja yang terlibat dalam program adiwiyata (4) Dampak program adiwiyata dalam bentuk kurikulum berbasis lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala sekolah, Ketua Tim Adiwiyata Sekolah, Guru, orang tua siswa dan siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Juai dan SMA Negeri 2 Juai. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata melalui pelaksanaaan Kurikulum Berbasis Lingkungan melalui kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pada sekolah SMA Negeri 1 Juai dan SMA Negeri 2 Juai sudah melalui penetapan kebijakan yang telah termuat dalam visi, misi dan tujuan sekolah yang disusun dalam dokumen KTSP dan sudah dianggarkan dalam RKAS, struktur kurikulum sudah memuat mata pelajaran wajib, muatan lokal, pengembangan diri, pendidik sudah memiliki kompetensi yang diharapkan. Keterlibatan dengan pihak-pihak lain sudah terjalin dengan baik. Dampak yang dihasilkan berupa karya nyata yang menggambarkan pelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah terjadinya pencemaran lingkungan yang sudah dikomunikasikan melalui media elektronik maupun non elektronik.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penetapan kebijakan yang termuat dalam visi, misi dan tujuan sekolah akan mencerminkan tujuan yang ingin dicapai serta penganggaran RKAS yang dapat mengakselerasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. (2) Pelaksanaan program adiwiyata sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan standar program adiwiyata. (3) Yang terlibat diantaranya Orang tua siswa/ Komite sekolah, Dinas Lingkungan Hidup, sekolah-sekolah, pihak swasta dll dapat dimanfaatkan sekolah dalam membantu mensukseskan program adiwiiyata, sehingga sekolah mendapatkan dukungan yang maksimal untuk menunjang dan meningkatkan pembelajaran secara optimal. (4) Dampak yang dihasilkan berupa karya nyata yang berkaitan dengan pelestarian fungsi lingkungan hidup. |
|