dc.description.abstract |
ABSTRAK
Windy Andriani, 2022. Pemahaman Siswa Kelas VII SMP IT-Al Qonita Terhadap Pelayanan Publik di Ombudsman RI Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Tesis Program Magister Pendidikan ILmu Pengetahuan Sosial Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sarbaini, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. M. Zaenal Arifin Anis, M.Hum
Kata Kunci : Lembaga Sosial, Pelayanan Publik, Ombudsman
Salah satu lembaga sosial yang ada di Indonesia, pada lembaga hukum dan politik, termasuk dalam bidang pengawasan pelayanan publik adalah Ombudsman. Kaitanya dalam mata pelajaran IPS kelas VII khususnya, terdapat materi yang mempelajari tentang lembaga sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa metode guru mata pelajaran IPS mengajarkan pada bab lembaga sosial, dan seperti apa pemahaman siswa terhadap lembaga sosial, termasuk lembaga Ombudsman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif tujuan dalam penelitian ini lebih menekankan pada pemahaman pada siswa-siswi kelas VII di SMP Islam Terpadu Al-Qonita Palangka Raya tentang pemaknaan dari lembaga sosial lembaga Ombudsman. Sumber data yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langakah reduksi data, display dan verification. Hasil dalam penelitian ini didapatkan hasil ada 18 siswa yang belum mengetahui tentang pengertian lembaga sosial termasuk lembaga sosial Ombudsman, dan sisanya sebanyak 7 siswa mengetahui dan memahami tentang pengertian lembaga sosial termasuk lembaga Ombudsman.
Saran pada hasil penelitian ini diharapkan guru IPS dan siswa-siswi kelas VII, guru dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang lembaga sosial agar kedepannya siswa-siswi dapat menjadi Warga Negara yang baik dengan mengetahui jenis-jenis lembaga sosial beserta fungsinya. |
|