dc.description.abstract |
ABSTRAK
Syarifudin, Amir. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Ngadimun, MM
Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru
Upaya perbaikan dalam meningkatkan kinerja guru terus dilakukan dengan mengkaji berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru seperti pelaksanaan kepemimpinan instruksional, keadaan lingkungan kerja, tercapainya kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengambarkan dan menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja dan kepuasan kerja di SDN Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif-kuantitatif dengan teknik teknik korelasional yaitu mengungkapkan sebab-akibat (causal) antar variabel. Populasi penelitian sebanyak sebanyak 147 guru dari 15 SDN di Kecamatan Cempaka dan sampel penelitian sebanyak 108 dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji analisis inferensial, uji hipotesis dan sobel test.
Hasil penelitian ini menunjukan deskripsi variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah kategori tinggi (58,33%), variabel lingkungan kerja kategori stinggi (54,63%), variabel kepuasan kerja katagori tinggi (51,85%) dan kinerja guru kategori sedang (62,96%). Nilai koefisien regresi variabel adalah pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,304. Pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap lingkungan kerja sebesar 0,727. Pengaruh lingkungan kerja terhadap terhadap kinerja guru sebesar 0,311. Pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja sebesar 0,720. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,302. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja sebesar 0,266 dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebesar 0,217
.Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan lingkungan kerja dan kepuasan kerja. Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja dan kepuasan kerja. Saran kepala sekolah meningkatkan kebersihan, pengelolaan keamanan lingkungan kerja dan meningkatkan strategi pembinaan guru sebagai perbaikan kepuasan dan kinerja guru. Guru meningkatkan strategi dan metode penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. |
|