dc.description.abstract |
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang menduduki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Tetapi matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa. Seiring perkembangan waktu, pembelajaran matematika harus sesuai dengan tuntutan abad 21 dan didukung dengan kemampuan berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah melalui pengembangan perangkat permbelajaran berbasis HOTS berupa modul pembelajaran berbasis HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Pembelajaran Matematika Tingkat SMP yang valid. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dengan tiga tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas oleh tiga orang ahli sebagai validator. Dimana, dua orang ahli dosen STKIP PGRI Banjarmasin dan satu orang ahli guru SMP Negeri 14 Banjarmasin. Berdasarkan hasil uji kevalidan pada lembar validasi diperoleh skor rata-rata seluruh aspek penilaian (Va) yaitu 3,32 sehingga modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk pembelajaran matematika tingkat SMP termasuk dalm kategori valid. |
|