dc.description.abstract |
Latifah, Jauhar, 2022. Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Teks
Nonfiksi dengan Menggunakan Model Problem Based Learning, Poster
Comment, dan Storytelling pada siswa kelas 4 SDN Kelayan Selatan 1
Banjarmasin. Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.
Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Teks Non fiksi, Problem Based Learning,
Poster Comment, dan Storytelling.
Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang belum efektif
dalam keterampilan berbicara melalui teks nonfiksi. Hal ini disebabkan karena
metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik, strategi yang
digunakan guru masih cenderung monoton. Hal ini berakibat hasil belaja rendah
atau belum memenuhi standar Kriteria Ketuntaan Minimal (KKM) yang ditentukan
yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan
siswa serta menganalisis hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model
Problem Based Laerning, Poster Comment, dan Storytelling.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menerapkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan 2 siklus dengan
langkah-langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap
siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Adapun setting penelitian adalah
siswa kelas 4 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik
pengambilan data dan menggunakan cara observasi guru serta siswa dan hasil tes
belajar siswa, indicator keberhasilan guru jika telah mencapai skor 52 dengan
kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa dikatakan berhasil jika mencapai ?80?ngan kategori “sangat aktif”, dan hasil belajar individu siswa dianggap tuntas
jika mencapai KKM 65, secara klasikal dikatakan tuntas jika kelas tersebut
mencapai ?80% ketuntasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru siklus I mendapat
skor 39 kategori baik, dan siklus II meningkat menjadi 52 kategori sangat baik. (2)
aktivitas siswa segi individual maupun klasikal siklus I kategori cukup aktif yaitu
40% pada siklus II menjadi sangat aktif 93,3%. (3) pada siklus I nilai ketuntasan
klasikal sebesar 40% meningkat pada siklus II menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada materi Teks Nonfiksi
dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan model Problem Based
Learning, Poster Comment, dan Storytelling di kelas 4 SDN Kelayan Selatan 1
Banjarmasin. Disarankan kepada guru hendaknya dapat menjadikan model ini
sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
Dasar. |
|