Abstract:
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi
rendahnya hasil belajar siswa. Di SDN Sungai Lulut 7 pada siswa kelas V, peserta
didik cenderung pasif saat pembelajaran, pembelajaran di kelas juga berlangsung
monoton karena pembelajaran masih dilaksanakan dengan menggunakan metode
ceramah, peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya,
selain itu rendahnya keaktifan peserta didik saat pembelajaran, sehingga aktivitas
siswa dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Sungai Lulut
7, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan pembelajaran dengan
menggunakan model ETOS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Lulut
7 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Jenis data penelitian ini adalah data
kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas
guru dan aktivitas siswa. Sedangkan, data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan
hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas guru telah terlaksana sesuai
dengan rencana dari skor 25 dengan kategori “baik”, selanjutnya meningkat
menjadi skor 36 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa mengalami
peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh persentase 50?ngan kriteria “cukup
aktif”, selanjutnya meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92.86?ngan kriteria
“sangat aktif. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh
ketuntasan klasikal 57.14% siswa yang tuntas, selanjutnya meningkat menjadi
92,86% siswa yang tuntas pada pertemuan 4.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa melalui model ETOS
(Make a Match, Number Head Together dan Examples Non Examples) dapat
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan
PKn di kelas V SDN Sungai Lulut 7. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan
peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif
dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan
PKn.