Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Rosidah
dc.date.accessioned 2023-02-23T10:08:49Z
dc.date.available 2023-02-23T10:08:49Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34212
dc.description.abstract Rosidah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Example Non Example dan Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Jenis Kegiatan Ekonomi, Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran, kurangnya sikap membantu sesama dalam bekerjasama dan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, alternatif untuk penyelesaian masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa juga hasil belajar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekauman 1 Banjarmasin pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 14 orang tahun ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Jenis Kegiatan Ekonomi dengan menggunakan Kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together pada pertemuan IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 90,6 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 87 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku materi Jenis Kegiatan Ekonomi. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account