Repo Mhs ULM

PENGAPLIKASIAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING, CONTEXTUAL TEACHING LEARNING, DAN PROBLEM SOLVING PADA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 5 PAHLAWANKU SISWA KELAS 4 SDN 1 SUNGAI DANAU KABUPATEN TANAH BUMBU

Show simple item record

dc.contributor.author Firda Purnama Dewi
dc.date.accessioned 2023-02-23T10:16:52Z
dc.date.available 2023-02-23T10:16:52Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34284
dc.description.abstract Dewi, Firda Purnama. 2022. Pengaplikasian Kombinasi Model Role Playing, Contextual Teaching Learning, dan Problem Solving pada Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 5 Pahlawanku Siswa Kelas 4 SDN 1 Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd. Kata Kunci : Role Playing, Contextual Teaching Learning, Problem Solving, Aktivitas dan Hasil Belajar Peningkatan aktivitas dan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas proses pembelajaran, menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif, dan mampu mengelola proses pembelajaran dengan memberikan rangsangan kepada siswa. Adapun permasalahan siswa dalam pembelajaran PPKn kelas 4 SDN 1 Sungai Danau adalah rendahnya aktivitas dan pemahaman konsep tentang sikap kepahlawanan muatan PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, mengembangkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, serta menambah wawasan informasi bagi guru dan peneliti lain. Permasalahan tersebut dikaji melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Sungai danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 28 orang. Jenis data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu aktivitas guru meningkat dengan data pada siklus I jumlah skor 22 dan kualifikasi cukup baik. Siklus II jumlah skor 34 dan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I persentase rata-rata 45?n kualifikasi cukup aktif. Pada siklus II persentase rata-rata 81?n kualifikasi sangat aktif. Hasil belajar pada siklus I persentase ketuntasan 35,71?ngan nilai rata-rata 65,71. Siklus II meningkat menjadi 100%, dengan nilai rata-rata 92. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model kombinasi Role Playing, Contextual Teaching Learning (CTL), dan Problem Solving pada siswa kelas 4 SDN 1 Sungai Danau dalam pembelajaran PPKn materi sikap kepahlawanan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
dc.title PENGAPLIKASIAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING, CONTEXTUAL TEACHING LEARNING, DAN PROBLEM SOLVING PADA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 5 PAHLAWANKU SISWA KELAS 4 SDN 1 SUNGAI DANAU KABUPATEN TANAH BUMBU


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account