Repo Mhs ULM

KRITERIA PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BARABAI SEMESTER GENSP TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Risky
dc.date.accessioned 2023-02-23T10:17:20Z
dc.date.available 2023-02-23T10:17:20Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34291
dc.description.abstract ABSTRAK MUHAMMAD RISKY, NIM.1810122210019, Kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani pada sekolah menengah atas negeri 2 barabai semester gensp tahun ajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Akademik Drs. Perdinanto, M. Pd. Pembimbing Pendamping Aryadi Rachman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani dan level kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani pada proses belajar mengajar berdasarkan kurikulum 2013. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari RPP pendidik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Guru PJOK sebanyak 2 orang Sekolah Menengah Atas Negeri yang bermitra dengan ULM di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang bertempat di SMA Negeri 2 Barabai. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam presentase. Penilitian yang telah dianalisa menunjukkan bahwa SMA Negeri 2 Barabai sudah membuat kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani kemudian level kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani untuk SMA Negeri 2 Barabai adalah berturut- turut 83% pada Basic Fundamental, 10% Perceptual Abilities dan 6% Physical Ability yang isinya sesuai dengan kompetensi psikomotor menurut (Harrow). Disimpulkan bahwa peran guru sebagai pendidik lebih memperhatikan dalam membuat kriteria penilaian aspek psikomotor pada lembar penilaian sehingga betul-betul apa yang harus dinilai dalam keterampilan peserta didik dan pendidik lebih memperhatikan kompetensi dasar dalam yang sesuai dengan tingkat jenjangnya dalam membuat praktik pada lembar penilaian. Kata Kunci: Pendidikan Jasmani, kurikulum, Pembelajaran, Penilaian, Kriteria, Psikomotor.
dc.title KRITERIA PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BARABAI SEMESTER GENSP TAHUN AJARAN 2021/2022


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account