dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Kinerja Aparatur Dalam Memberikan Pelayanan Publik Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang mana masih terlihat ada fenomena ke kurang disiplinan aparatur kecamatan dalam melakukan pelayanan, dan sebagian masyarakat yang juga kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan pada saat pelayanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. informan penelitian ini adalah dari Kecamatan Kandangan. Teknik analisa data menggunakan tahapan menurut Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kinerja aparatur Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam memberikan pelayanan publik masa pandemi Covid-19, baik pelayanan perijinan maupun non perijinan, maka dari hasil yang dianalisis menggunakan indikator kemampuan bekerjasama, kualitas pekerjaan, kemampuan teknis, inisiatif, semangat kerja, daya tahan/kehandalan, kuantitas pekerjaan, dimana secara umum sudah baik. Adapun faktor penghambat kinerja aparatur kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah : Terbatasnya anggaran dan Kurangnya kedisiplinan aparatur dalam mengelola waktu kerja.
Diperlukan adanya kerjasama (koordinasi) yang baik antara pihak. Penguatan anggaran pelayanan untuk kegiatan pelayanan masa pandemi Covid 19. Perlu pinjer Print dan evaluasi setiap bulan terhadap waktu masuk dan pulang kerja para aparatur Kecamatan Kandangan.
Kata Kunci : Kinerja Aparatur, Pelayanan, Kecamatan. |
|