Repo Mhs ULM

Pengaruh Supervisi Kepala PAUD, Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap Kinerja Guru melalui Kompetensi Profesional Guru Kelompok Bermain di Kecamatan Amuntai Utara

Show simple item record

dc.contributor.author Riska Halidah
dc.date.accessioned 2023-02-23T10:39:50Z
dc.date.available 2023-02-23T10:39:50Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34486
dc.description.abstract ABSTRAK Halidah, Riska. 2022. Pengaruh Supervisi Kepala PAUD, Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Kompetensi Profesional Guru Kelompok Bermain di Kecamatan Amuntai Utara. Tesis. Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D (2) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Supervisi, Partisipasi Guru Dalam KKG, Kompetensi Profesional, Kinerja Potensi sumber daya guru itu perlu terus bertumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara potensial. Kinerja guru memang merupakan sesuatu yang kompleks dan melibatkan berbagai faktor. Kinerja dalam penelitian ini dibatasi pada kinerja guru, sedangkan sumber masalah kinerja diduga bersumber pada masalah individu, kepemimpinan dan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Supervisi Kepala PAUD, Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru, kompetensi profesional dan kinerja guru; (2) pengaruh supervisi Kepala PAUD terhadap kinerja,; (3) pengaruh Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru; (4) pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru; (5) Pengaruh supervisi Kepala PAUD terhadap kompetensi profesional; (6) pengaruh Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kompetensi profesional; (7) Pengaruh supervisi Kepala PAUD terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional; dan (8) Pengaruh Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dalam menguji pengaruh antar variabel. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 79 orang guru. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Supervisi Kepala PAUD, kompetensi professional berada dalam kategori sedang, pada Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru dan kinerja guru berada dalam kategori tinggi; (2) ada pengaruh supervisi Kepala PAUD terhadap kinerja; (3) Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru; (4) ada pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru; (5) supervisi Kepala PAUD terhadap kompetensi professional; (6) Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kompetensi professional; (7) tidak ada pengaruh tidak langsung supervisi Kepala PAUD terhadap kinerja melalui kompetensi professional; dan (8) tidak ada pengaruh tidak langsung Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional. Saran dalam penelitian ini, guru dapat meningkatkan kegiatan dalam KKG dan mengembangkan konsep keilmuan. Kepala PAUD diharapkan meningkatkan peran dalam supervisi dan partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru. ?
dc.title Pengaruh Supervisi Kepala PAUD, Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap Kinerja Guru melalui Kompetensi Profesional Guru Kelompok Bermain di Kecamatan Amuntai Utara


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account