Abstract:
ABSTRAK
Indri Farradina, Analisis Pengaruh Viral Marketing terhadap Sikap Konsumen dan
Minat Pembelian pada Bukalapak di Kalimantan Selatan. Tinik Sugiati
(Pembimbing)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Viral
Marketing (X) melalui informativeness, entertainment, irritation, source credibility
dan incentive sebagai variabel eksogen terhadap sikap konsumen (Z) dan minat
pembelian (Y) sebagai variabel endogen pada Bukalapak di Kalimantan Selatan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jumlah sampel sebanyak 125 orang dan menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel
dalam penelitian ini adalah PLS-SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa informativeness, entertainment dan
incentive tidak berpengaruh terhadap sikap konsumen, sedangkan irritation dan
source credibility memiliki pengaruh terhadap sikap konsumen pada Bukalapak di
Kalimantan Selatan. Informativeness, source credibility, incentive, dan sikap
konsumen memiliki pengaruh terhadap minat pembelian, sedangkan entertaintment
dan irritation tidak memiliki pengaruh terhadap minat pembelian pada Bukalapak
di Kalimantan Selatan. Pada pengaruh tidak langsung, informativeness,
entertainment, dan incentive tidak memiliki pengaruh terhadap minat pembelian
melalui sikap konsumen, sedangkan irritation dan source credibility memiliki
pengaruh terhadap minat pembelian melalui sikap kosumen.