Abstract:
Permasalahan pada penelitian ini mengenai anak autis yang sudah beranjak remaja masih belum mengenal nilai mata uang sehingga berdampak pada bina diri (aktivitas sehari-hari) yang berkaitan dengan uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrapbook money dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang pada anak autis di SLB Negeri Kota Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain time series O1 O2 O3 O4 X O5 O6 O7 O8. Subjek penelitian ini ada 3 orang anak autis kelas XI-Autis di SLB Negeri Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan secara statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai jumlah rata-rata pretest diperoleh 42, sedangkan, nilai jumlah rata-rata posttest 69. Perbandingan nilai rata-rata pretest lebih kecil daripada nilai posttest. Hal ini menunjukan adanya pengaruh media scrapbook money dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang. Pengaruh ini terjadi karena adanya pemberian treatment menggunakan media scrapbook money setelah dilakukannya pretest. Sebaiknya media dapat digunakan sebagai sarana dalam proses pembelajaran dan menjadi bahan kajian pengembangan proses mengenal nilai mata uang pada anak autis maupun anak dengan hambatan lainnya.