Repo Mhs ULM

PERBEDAAN EFEKTIVITAS PASTA GIGI HERBAL DAN NON-HERBAL TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK REMAJA PUTRI(Tinjauan di Panti Asuhan Aisyiah Hikmah Zam-Zam dan Panti Asuhan Harapan Ibu Banjarmasin)

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Almira Rahma
dc.date.accessioned 2023-02-23T11:08:46Z
dc.date.available 2023-02-23T11:08:46Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34740
dc.description.abstract ABSTRAK PERBEDAAN EFEKTIVITAS PASTA GIGI HERBAL DAN NON-HERBAL TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK REMAJA PUTRI (Tinjauan di Panti Asuhan Aisyiah Hikmah Zam-Zam dan Panti Asuhan Harapan Ibu Banjarmasin) Siti Almira Rahma, R. Harry Dharmawan S, Nurdiana Dewi Latar Belakang: Perempuan memiliki kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik dibandingkan laki-laki karena perempuan memiliki kemampuan motorik halus dan ketangkasan manual yang lebih baik daripada laki-laki. Masalah kesehatan gigi dan mulut banyak ditemukan pada remaja yang diakibatkan oleh plak. Plak merupakan lapisan lunak yang melekat erat pada permukaan gigi. Plak dapat dibersihkan secara mekanik dan kimiawi yaitu dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Pasta gigi terbagi atas dua jenis, yaitu pasta gigi herbal dan non-herbal yang memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan gigi. Tujuan: Menganalisis perbedaan efektivitas pasta gigi herbal dan non-herbal terhadap penurunan indeks plak pada remaja putri usia 11-19 tahun di Panti Asuhan Aisyiah Hikmah Zam-Zam dan Panti Asuhan Harapan Ibu Banjarmasin. Metode: Penelitian ini menggunakan metode true eksprerimental dengan rancangan design pre- and post-test control grup design, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil: Uji Wilcoxon pada kelompok pasta gigi herbal didapatkan nilai signifikan sebesar 0,001 (0,05) yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara indeks plak sebelum dan sesudah menggunakan pasta gigi non herbal. Hasil signifikansi uji Mann-Whitney pada kelompok pasta gigi herbal dan non herbal sebesar 0,037 (<0,05) yang artinya terdapat perbedaan efektivitas pasta gigi herbal dan non-herbal pada remaja putri. Kesimpulan: Pasta gigi dengan kandungan herbal lebih efektif dalam menurunkan indeks plak pada remaja putri dibandingkan dengan pasta gigi non-herbal. Kata Kunci: Indeks Plak, Pasta Gigi Herbal, Pasta Gigi Non-Herbal, Remaja
dc.title PERBEDAAN EFEKTIVITAS PASTA GIGI HERBAL DAN NON-HERBAL TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK REMAJA PUTRI(Tinjauan di Panti Asuhan Aisyiah Hikmah Zam-Zam dan Panti Asuhan Harapan Ibu Banjarmasin)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account