Abstract:
Pendidikan merupakan hal penting yang menjadi kebutuhan manusia, namun
dalam prosesnya masih banyak terdapat permasalahan seperti kebosanan saat
belajar, kurangnya motivasi, kesulitan berkonsentrasi, dan berbagai permasalahan
lainnya. Sehingga diperlukan adanya flow akademik dalam pembelajaran yang
mana serupa dengan konsentrasi penuh yang dilakukan seseorang ketika beribadah.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
religiusitas dengan flow akademik pada peserta didik SMA di Kota Martapura.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasional.
Subjek merupakan peserta didik SMA di Kota Martapura, berjumlah 230 orang
yang didapat melalui perhitungan dengan menggunakan rumus Yamane. Teknik
pemilihan subjek menggunakan purposive sampling karena terdapat kriteria
tertentu yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMA di Kota
Martapura yang beragama Islam. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah
skala religiusitas dan skala LIS (The Flow Inventory For Student). Analisis data
terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan teknik korelasi product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai r = 0,522 dengan taraf signifikansi
0,000 (p<0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan dan
bersifat positif antara religiusitas dengan flow akademik pada peserta didik SMA di
Kota Martapura. Hal ini berarti semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi
pula flow akademik dan begitu juga sebaliknya.
Kata kunci : Religiusitas, flow akademik, peserta didik